Halaman

kerja di internet

Senin, 28 November 2011

Keseimbangan sederhana yang terabaikan

Kadang kita mendapatkan pertanyaan dari seorang anak, bahkan yang menurut kita sederhana tapi kita sendiri kebingungan untuk menjelaskan.
Ada seorang anak bertanya waktu lihat sebuah pesawat terbang. "Kok pesawatnya bisa terbang lurus ga muter-muter kenapa?". atau saat nonton sirkus di TV. "Kok bisa seimbang ya jalan di atas tali?".
Kalau dipikir-pikir dua aktivitas yang ditanyakan tadi memiliki prinsip kerja keseimbangan yang hampir sama. Mari kita coba perhatikan pertanyaan pertama masalah pesawat, secara sederhana bisa dilogikanan seperti ini 




dasar keseimbangan pesawatnya kita misalkan sayap pesawat ( pesawat luncur) dibuat lurus maka jarak 0A=0B dan saat pesawat miring kita misalkan badan sebagi sumbu maka jarak 0A1tetap akan sama jarak 0B1 jika pesawat itu adalah pesawat tanpa awak maka pesawat itu akan tetap meluncur miring.

Coba kita bandingkan dengan gambar kedua berikut :
gambar ini dimana pesawat luncur sayabnya dibuat miring dengan sudut tertentu, jika semula jarak 0A=0B disaat pesawat miring menjadi jarak 0A1 lebih pendek dari jarak 0B1 dengan 0 sebagai sumbu, maka pesawat luncur tersebut akan berusaha mencari keseimbangan dengan kembali ke posisi awal karena adanya perbedaan jarak dan gaya grafitasi terhadap sayap.
hal ini bisa juga dengan model sayap yang lain dengan tujuan dan prinsip yang sama misalnya gambar berikut :


begitupun dengan pertanyaan anak yang kedua mengapa bisa berjalan di atas tali tidak jatuh, dengan prinsip yang sama biasanya seseorang meniti diatas tali atau bambu orang tersebut selalu merentangkan tangannya atau menggunakan alat bantu berupa sesuatu yang di bentangkan, kita lihat contoh gambar berikut :


jika penasaran coba saja kamu buat dari lidi sesuai gambar di atas kemudian masing-masing ujung diberi beban boleh kelereng kemudian pada ujung lidi pada titik "0" letakan di ujung jarimu goyang-goyang kan, maka segitiga yang tersebut tidak akam mudah untuk jatuh keiri ataupun kekanan, karena masing-masing akan saling menyeimbangkan.
Itu semua mungkin karena adanya grafitasi bumi.
mungkin teman-teman ada pengalaman lain dari yang sederhana atau ini kurang tepat menurut keilmuan mohon masukannya dan koreksinya

Tidak ada komentar:

Photobucket
Photobucket
Belajar Logis. Tema Sederhana. Diberdayakan oleh Blogger.